Langsung ke konten utama

BAB 8 (Manusia dan kegelisahan)


PENGERTIAN KEGELISAHAN
Teori Dasar :
Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.
Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak-gerik itu umumnya lain dari biasanya, misalnya berjalan,mundar-mandir dalam ruang tertentu sambil menundukan kepala memandang jauh kedepan sambil mengepal-ngepal tangannya, duduk termenung sambil memegang kepalanya, duduk dengan wajah murung atau sayu, malas bicaran dan lain-lain.
Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan. Kekawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkait juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.
Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (obyektif), kecemasan neorotik dan kecemasan moril.



Artikel terkait :
JAKARTA (Klik HL) - Pada Juli 2012, muncul berita mengenai kegelisahan rakyat Aghanistan terhadap tindak tanduk penguasa Taliban yang dianggap bertentangan dengan aspirasi rakyat. Penentangan itu dilakukan oleh penduduk Desa Ghander yang terpencil, namun beraspirasi untuk memajukan lingkungan mereka. Perlawanan itu terjadi di suatu petang akhir Juni 2012, ketika serombongan penduduk membicarakan keadaan desa mereka yang terhisab dalam Provinsi Ghazni.
Dalam diskusi tersebut mereka harus memperketat selimut untuk menahan tiupan angin petang yang cukup kencang. Mereka tenyata menolak kebijakan penguasa Taliban yang dianggap merugikan.
“Kita mendukung mereka selama sepuluh tahun,” ujar seorang penduduk yang sudah tua. Namun, apa pembalasannya. Apa yang kita peroleh, lanjutnya. Mereka (Taliban) justru melarang anak-anak ke sekolah, bahkan yang sakit dihambat berobat ke rumah sakit provinsi. Penduduk perdesaan Ghazni jarang mengeluhkan perilaku rezim Taliban yang berkuasa, setelah pasukan AS dan koalisinya mundur dari Afganistan.
Namun, tampaknya mereka sudah tak tahan menderita akibat perilaku rezim Taliban dengan kebijakan yang merugikan. Maka sebagian tokoh perdesaan itu melapor kepada komandan Taliban setempat, Mullah Abdul Malik.
Tokoh moderat Taliban ini menerima berbagai keluhan penduduk dan mengakui kesalahan para bawahannya, yang bertindak menutup sejumlah sekolah di perdesaan. Mullah Abdul Malik berjanji segera membuka kembali sekolah-sekolah dan memulihkan keadaan. Dia memerintahkan wakilnya untuk pergi ke Quetta, ibu kota Taliban di pengasingan dan memberitahukan kepada pasukan tentang kegelisahan bahkan kemarahan penduduk, akibat berbagai ulah pasukannya yang meresahkan itu.
Komandan pasukan ini segera memaklumi berbagai tindakan pasukannya yang meresahkan penduduk, karena tidak medalami aspirasi penduduk dan sering melakukan hal-hal yang meresahkan. Malahan di perbatasan Provinsi Waziristan Utara yang dikuasai pasukan Taliban melarang adanya imunisasi polio, karena penyataan pelarangan dari Komandan Pasukan Hafiz Gul Bahadur.
Pernyataan larangan imunisasi polio yang mengejutkan tersebut muncul secara tiba-tiba ketika ada pengumuman Departemen Kesehatan Afghanistan bahwa 161.000 anak di bawah usia lima tahun harus divaksinasi. Bahadur hanya mau berkompromi apabila serangan-serangan pesawat tak berawak AS dihentikan. Bila tuntutannya dipenuhi, maka dia akan mengizinkan para dokter melaksanakan operasi imunisasi massal antipolio tersebut. Di samping Afghanistan, Pakistan dan Nigeria adalah tiga negara yang anak-anaknya berisiko terkena serangan polio. Namun, Komandan Taliban Bahadur mengingkari hasrat para orangtua di Waziriztan yang ingin anak-anaknya terhindar dari bahaya polio dan hidup sehat.
Bila anak-anak perempuan dibatasi pendidikan formalnya, maka di Provinsi Kunar dan Nuristan anak-anak pria diizinkan, meskipun mereka yang berada di bagian selatan dan timur Afghanistan diharuskan taat dan tidak dibolehkan memelajari hal-hal sekuler. Penulis Ron Moreau yang lama bertugas di Asia Tengah, Afghanistan, dan Arab menguraikan pada April 2012 malahan ada perintah menutup sekolah-sekolah di Provinsi Ghazni.
Komentar mengenai artikel & teori :
Kegelisahan memang selalu ada pada diri kita masing-masing. Kegelisahan itu banyak macamnya, ada yang gelisah karena takut kehilangan harta dan jabatan, gelisah karena akan dosa-dosanya selama di dunia, gelisah karena takut menghadapi masa depan yang kelam dan masih banyak lg yang lainnya. Cara mengatasi rasa kegelisahan adalah dengan niat dari hati kita sendiri kalau kita mau melakukan hal itu, di buktikan dengan tindakan dan perbuatan yang akan kita lakukan, dan tak pula juga berdoa kepada Allah agar kita di beri kemudahan untuk melakukannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Menghitung Nilai Mahasiswa (Delphi)

LISTING PROGRAM Kode tambahan (untuk membuat inputan hanya berupa angka) procedure TForm1.Edit3KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char); begin if not (key in [ '0','1','2','3','4','5','6','7','8','9',#8 ]) then    key := #0 ; end;

Analisis Perusahaan IT (ASUS)

Perusahaan ASUS merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya. Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu motherboard, kartu grafis, laptop, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini perusahaan bernama lengkap Asustek Computer Inc. ini juga mulai giat untuk bermain di perangkat bergerak. Kehadiran Asus Fonepad dan Tablet PC buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di ranah bisnis mobile. Pemilihan nama ASUS sendiri cukup unik. ASUS sebenarnya merupakan penggalan kata dari kata PEGASUS. PEGASUS merupakan hewan berbentuk kuda dalam mitologi Yunani yang memiliki sayap di punggungnya. Pemilihan nama ini tentunya agar ASUS mampu terus terbang bagaikan kuda PEGASUS. Salah satu jajaran produk dari perusahaan ASUS yang sangat sukses di pasaran adalah motherboard. Jumlah motherboard yang pernah dijual oleh ASUS sangatlah besar. Meskipun tidak a

REVIEW ZENFONE 5 Batch 2

Semenjak pertama launching Asus Zenfone, langsung saya tertarik padanya. Sayapun langsung menjual Polymer-li kesayangan dan berharap langsung mendapat sang pujaan hati. Dua bulan berlalu dan belum dapat kepatian kapan sang HP akan datang. Karena peminat yang banyak dan barang yang langka, diapun berubah menjadi HP ghaib. Hingga akhirnya sempat saya selingkuh dengan neng putri (Himax Pure III), seminggu kemudian ternyata tanda - tanda sang HP Ghaib pun muncul saat HUT Jakarta di kemayoran. Langsung saya menuju kesana dan tepat ternyata yang didamba - damba akhirnya muncul dan mereka hidup bahagia selamanya. hehehe... daripada makin ngawur sekarang langsung aja REVIEW ASUS ZENFONE 5 Batch 2 : Spesifikasi : Processor : Intel Z2560 1,6 GHZ RAM : 2 GB Ukuran : 5 Inch Warna : Gold Batre : 2110 Mah Info lengkap : http://www.asus.com/id/Phones/ASUS_ZenFone_5/specifications/