Langsung ke konten utama

Program Menghitung Nilai Mahasiswa (Delphi)


LISTING PROGRAM
Kode tambahan (untuk membuat inputan hanya berupa angka)
procedure TForm1.Edit3KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
if not (key in ['0','1','2','3','4','5','6','7','8','9',#8]) then
   key := #0;
end;

1)    Button1
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
nama,NPM,g,u,l:String;
mtk,ap,kti,b,rt:real;
begin
nama:=Edit1.Text;
NPM:=Edit2.Text;
mtk:=StrToFloat(Edit3.Text);
ap:=StrToFloat(Edit4.Text);
kti:=StrToFloat(Edit5.Text);
b:=StrToFloat(Edit6.Text);
rt:=(mtk+ap+kti+b)/4;

if rt>85 then begin
g:='A';u:='Selamat';l:='Lulus';
end
else if rt>70 then begin
g:='B'; u:='Selamat';l:='Lulus';
end
else if rt>60 then begin
g:='C'; u:='Selamat';l:='Lulus';
end
else if rt>50 then begin
g:='D'; u:='Maaf';l:='Mengulang';
end
else begin
g:='E'; u:='Maaf';l:='Mengulang';
end;

Edit8.Text:=nama + ' / '+npm;
label9.Caption:=g;
label11.Caption:=FloatToStr(rt);
Edit7.Text:=u+' '+nama+' anda '+l;
end;

2)    Button2

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
     edit1.Text:='';
     edit2.Text:='';
     edit3.Text:='';
     edit4.Text:='';
     edit5.Text:='';
     edit6.Text:='';
     edit7.Text:='';
     edit8.Text:='';
     label9.Caption:='';
     label11.Caption:='';
     end;

3)    Button3

procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
Application.Terminate;
end;

LOGIKA PROGRAM
Program ini dibuat untuk menghitung nilai rata-rata, menghitung tingkat prestasi , dan menentukan lulus tidaknya mahasiswa.  pertama kita deklarasikan beberapa variabel seperti variabel nama, NPM, g, u, l  sebagai string. (variabel g (untuk menyimpan nilai grade), u dan l (untuk menyimpan keterangan lulus/mengulang)). Dan variabel rt,  mtk, kti, b , dan ap sebagai real (bilangan pecahan). Variabel rt adalah variabel untuk menyimpan nilai rata-rata yang didapat dari nilai yang dimasukan pada edit3,4,5,dan 6. Data yang dimasukan pada edit3,4,5,dan 6 akan dikonversikan menjadi float kemudian disimpan pada variabel mtk,ap,kti,dan b. nilai rt didapat dari penjumlahan dari mtk,ap,kti, dan b kemudian dibagi 4.  Jika nilai rata-rata lebih dari 80 maka variabel g diisikan nilai “A”, rata-rata diatas 75 maka variabel g diisi nilai “B”, dan nilai diatas 60 variabel g diisi nilai “C”, serta  variabel u diisikan “Selamat” dan variabel l diisikan “Lulus”. Namun jika nilai dibawah 50 maka variabel g diisi “D atau E” dan variabel u berisikan “maaf”  serta variabel l berisi “Mengulang”.
Isi dari variabel nama dan NPM kemudian ditampilkan pada kolom Edit8, isi variabel g ditampilkan pada Label9, isi variabel rt dikonversi dan ditampilkan pada Label11, dan isi variabel u,nama,dan l ditampilkan pada kolom Edit7.
Pada tombol reset yaitu semua kolom Edit dan label yang terisikan nilai akan diisi dengan nilai kosong yang berfungsi untuk menghapus nilai pada variabel yang sudah diinputkan nilai sebelumnya.

Cara kerja program ini adalah pertama dengan masukan nama pada kolom nama, NPM pada kolom NPM, nilai matematika, AP 2 A, KTI, dan Bahasa Inggris. (catatan : nilai yang di inputkan tidak boleh kosong ). Kemudian klik tombol proses maka akan muncul Nama beserta NPM pada kolom Edit8, Grade (A s/d E) pada Label9 , nilai rata-rata pada Label11, serta keterangan lulus / mengulang pada kolom Edit7.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Perusahaan IT (ASUS)

Perusahaan ASUS merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya. Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu motherboard, kartu grafis, laptop, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini perusahaan bernama lengkap Asustek Computer Inc. ini juga mulai giat untuk bermain di perangkat bergerak. Kehadiran Asus Fonepad dan Tablet PC buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di ranah bisnis mobile. Pemilihan nama ASUS sendiri cukup unik. ASUS sebenarnya merupakan penggalan kata dari kata PEGASUS. PEGASUS merupakan hewan berbentuk kuda dalam mitologi Yunani yang memiliki sayap di punggungnya. Pemilihan nama ini tentunya agar ASUS mampu terus terbang bagaikan kuda PEGASUS. Salah satu jajaran produk dari perusahaan ASUS yang sangat sukses di pasaran adalah motherboard. Jumlah motherboard yang pernah dijual oleh ASUS sangatlah besar. Meskipun tidak a...

Modifikasi .. Lampu - Lampu motor dan LED (Part 1)

Assalamu'alaikum wr.wb, kali ini saya akan coba mengoprek sedikit mengenai lampu - lampu motor. Modifikasi sekarang ini bukanlah hal yang lumrah lagi, apalagi di kalangan remaja anak dan anak-anak muda. Tujuan memodifikasi motorpun beragam, ada yang karena hobi atau kesenangan, ada yang bertujuan untuk mengikuti kompetisi, mencari "mangsa"(maksudnya buat yang jomblo ya :D hehehe), atau alasan lainnya. sebenarnya modifikasi itu boleh -boleh saja asalkan efek yang didapat dari modifikasi motor tersebut tidak menggantikan fungsi - fungsi dari elemen elemen yang ada pada sepeda motor itu. Modifikasi motor yang paling simpel namun perubahan yang terjadi pada motor cukup signifikan adalah mengganti lampu motor.