Langsung ke konten utama

Program Menghitung Nilai Mahasiswa (Delphi)


LISTING PROGRAM
Kode tambahan (untuk membuat inputan hanya berupa angka)
procedure TForm1.Edit3KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
if not (key in ['0','1','2','3','4','5','6','7','8','9',#8]) then
   key := #0;
end;

1)    Button1
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
nama,NPM,g,u,l:String;
mtk,ap,kti,b,rt:real;
begin
nama:=Edit1.Text;
NPM:=Edit2.Text;
mtk:=StrToFloat(Edit3.Text);
ap:=StrToFloat(Edit4.Text);
kti:=StrToFloat(Edit5.Text);
b:=StrToFloat(Edit6.Text);
rt:=(mtk+ap+kti+b)/4;

if rt>85 then begin
g:='A';u:='Selamat';l:='Lulus';
end
else if rt>70 then begin
g:='B'; u:='Selamat';l:='Lulus';
end
else if rt>60 then begin
g:='C'; u:='Selamat';l:='Lulus';
end
else if rt>50 then begin
g:='D'; u:='Maaf';l:='Mengulang';
end
else begin
g:='E'; u:='Maaf';l:='Mengulang';
end;

Edit8.Text:=nama + ' / '+npm;
label9.Caption:=g;
label11.Caption:=FloatToStr(rt);
Edit7.Text:=u+' '+nama+' anda '+l;
end;

2)    Button2

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
     edit1.Text:='';
     edit2.Text:='';
     edit3.Text:='';
     edit4.Text:='';
     edit5.Text:='';
     edit6.Text:='';
     edit7.Text:='';
     edit8.Text:='';
     label9.Caption:='';
     label11.Caption:='';
     end;

3)    Button3

procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
Application.Terminate;
end;

LOGIKA PROGRAM
Program ini dibuat untuk menghitung nilai rata-rata, menghitung tingkat prestasi , dan menentukan lulus tidaknya mahasiswa.  pertama kita deklarasikan beberapa variabel seperti variabel nama, NPM, g, u, l  sebagai string. (variabel g (untuk menyimpan nilai grade), u dan l (untuk menyimpan keterangan lulus/mengulang)). Dan variabel rt,  mtk, kti, b , dan ap sebagai real (bilangan pecahan). Variabel rt adalah variabel untuk menyimpan nilai rata-rata yang didapat dari nilai yang dimasukan pada edit3,4,5,dan 6. Data yang dimasukan pada edit3,4,5,dan 6 akan dikonversikan menjadi float kemudian disimpan pada variabel mtk,ap,kti,dan b. nilai rt didapat dari penjumlahan dari mtk,ap,kti, dan b kemudian dibagi 4.  Jika nilai rata-rata lebih dari 80 maka variabel g diisikan nilai “A”, rata-rata diatas 75 maka variabel g diisi nilai “B”, dan nilai diatas 60 variabel g diisi nilai “C”, serta  variabel u diisikan “Selamat” dan variabel l diisikan “Lulus”. Namun jika nilai dibawah 50 maka variabel g diisi “D atau E” dan variabel u berisikan “maaf”  serta variabel l berisi “Mengulang”.
Isi dari variabel nama dan NPM kemudian ditampilkan pada kolom Edit8, isi variabel g ditampilkan pada Label9, isi variabel rt dikonversi dan ditampilkan pada Label11, dan isi variabel u,nama,dan l ditampilkan pada kolom Edit7.
Pada tombol reset yaitu semua kolom Edit dan label yang terisikan nilai akan diisi dengan nilai kosong yang berfungsi untuk menghapus nilai pada variabel yang sudah diinputkan nilai sebelumnya.

Cara kerja program ini adalah pertama dengan masukan nama pada kolom nama, NPM pada kolom NPM, nilai matematika, AP 2 A, KTI, dan Bahasa Inggris. (catatan : nilai yang di inputkan tidak boleh kosong ). Kemudian klik tombol proses maka akan muncul Nama beserta NPM pada kolom Edit8, Grade (A s/d E) pada Label9 , nilai rata-rata pada Label11, serta keterangan lulus / mengulang pada kolom Edit7.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Perusahaan IT (ASUS)

Perusahaan ASUS merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya. Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu motherboard, kartu grafis, laptop, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini perusahaan bernama lengkap Asustek Computer Inc. ini juga mulai giat untuk bermain di perangkat bergerak. Kehadiran Asus Fonepad dan Tablet PC buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di ranah bisnis mobile. Pemilihan nama ASUS sendiri cukup unik. ASUS sebenarnya merupakan penggalan kata dari kata PEGASUS. PEGASUS merupakan hewan berbentuk kuda dalam mitologi Yunani yang memiliki sayap di punggungnya. Pemilihan nama ini tentunya agar ASUS mampu terus terbang bagaikan kuda PEGASUS. Salah satu jajaran produk dari perusahaan ASUS yang sangat sukses di pasaran adalah motherboard. Jumlah motherboard yang pernah dijual oleh ASUS sangatlah besar. Meskipun tidak a

REVIEW ZENFONE 5 Batch 2

Semenjak pertama launching Asus Zenfone, langsung saya tertarik padanya. Sayapun langsung menjual Polymer-li kesayangan dan berharap langsung mendapat sang pujaan hati. Dua bulan berlalu dan belum dapat kepatian kapan sang HP akan datang. Karena peminat yang banyak dan barang yang langka, diapun berubah menjadi HP ghaib. Hingga akhirnya sempat saya selingkuh dengan neng putri (Himax Pure III), seminggu kemudian ternyata tanda - tanda sang HP Ghaib pun muncul saat HUT Jakarta di kemayoran. Langsung saya menuju kesana dan tepat ternyata yang didamba - damba akhirnya muncul dan mereka hidup bahagia selamanya. hehehe... daripada makin ngawur sekarang langsung aja REVIEW ASUS ZENFONE 5 Batch 2 : Spesifikasi : Processor : Intel Z2560 1,6 GHZ RAM : 2 GB Ukuran : 5 Inch Warna : Gold Batre : 2110 Mah Info lengkap : http://www.asus.com/id/Phones/ASUS_ZenFone_5/specifications/