Langsung ke konten utama

Lampu LED lebih terang dan hemat energi


Krisis Energi yang dilanda seluruh negara di dunia merupakan ancaman besar bagi kehidupan umat manusia sebagai penduduk bumi. Eksploitasi sumberdaya secara besar-besaran memberi dampak signifikan bagi merosotnya kualitas lingkungan. Oleh karena itu langkah kecil untuk perubahan besar perlu dilakukan untuk menjaga bumi agar tetap menjadi rumah bagi Manusia dan mahluk hidup.


Salah satu energi yang paling essensial yaitu listrik. tidak bisa dipungkiri gaya hidup manusia modern pasti memerlukan listrik untuk setiap elemen penunjang kehidupannya. Untuk menjalankan aktifitasnya, manusia memerlukan penerangan khususnya aktifitas malam hari. sumber penerangan itu adalah Lampu. Teknologi lampu yang banyak digunakan saat ini adalah NEON, sebab neon lebih terang dan lebih hemat dari Bohlam. Namun konsumsi yang dihasilkan Neon masih terbilang besar. kita ambil contoh, misalnya lampu Phillips 25 watt. Lampu ini memakan daya sebesar 25 watt per jam (0,025 KWH), jika dalam 1 hari kita memakai selama 10 jam maka besar energi yang kita gunakan sebesar 0.25 KWH. jika dalam 1 rumah terdapat 10 lampu yang sama dengan pemakaian yang sama , kita sudah membuang energi sebesar 2.5 kwh. Dalam 1 bulan energi yang kita pakai untuk menyalakan lampu sebesar 75 kwh. sebut saja harga listrik Rp.600 per KWH, maka kita harus membayar 45.000 perbulannya untuk menyalakn lampu saja.


Coba kita bandingkan dengan Teknologi LED. Lampu Philips LED 6 watt dengan intensitas cahaya setara dengan yang NEON 25 watt. dengan energi yang digunakan hanya 6 watt per jam (0.006 KWH), tentunya jauh lebih hemat. jika pemakaian dan jumlah lampu sama seperti di atas maka konsumsi 1 bulan hanya 18 KWH. dan biaya yang harus dibayarkan hanya Rp.10.800 per bulan.

Jika saja semua orang beralih dari Bohlam dan Neon ke LED maka itu akan mengurangi konsimsi listrik  hingga 80%. Namun untuk harga lampu LED masih tergolong relatif mahal. untuk lampu sebesar 6 watt harganya berkisar Rp. 85.000 per lampu. sedangkan NEON biasa yang 25 watt hanya berkisar Rp.35.000 per lampu. Namun seiring dengan harganya yang mahal, kita juga dapat menghemat energi dan biaya pembayaran listrik. Selain itu, teknologi LED lebih unggul dalam durasi pemakaian yang tahan hingga 15 tahun.

Bukan hanya lampu dalam rumah yang sudah mulai beralih ke LED, lampu jalananpun sudah mulai beralih ke LED, ini merupakan langkah positif untuk menekan biaya anggaran dan mengurangi konsumsi energi. Kendaraan pun sudah memakai teknologi LED ini, biasanya pada Lampu Stop dan Lampu Variasi.

Jadi, bagaimana menurut anda ? Harga murah namun boros energi, atau harga mahal namun hemat energi untuk kehidupan yang lebih baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Menghitung Nilai Mahasiswa (Delphi)

LISTING PROGRAM Kode tambahan (untuk membuat inputan hanya berupa angka) procedure TForm1.Edit3KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char); begin if not (key in [ '0','1','2','3','4','5','6','7','8','9',#8 ]) then    key := #0 ; end;

Analisis Perusahaan IT (ASUS)

Perusahaan ASUS merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya. Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu motherboard, kartu grafis, laptop, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini perusahaan bernama lengkap Asustek Computer Inc. ini juga mulai giat untuk bermain di perangkat bergerak. Kehadiran Asus Fonepad dan Tablet PC buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di ranah bisnis mobile. Pemilihan nama ASUS sendiri cukup unik. ASUS sebenarnya merupakan penggalan kata dari kata PEGASUS. PEGASUS merupakan hewan berbentuk kuda dalam mitologi Yunani yang memiliki sayap di punggungnya. Pemilihan nama ini tentunya agar ASUS mampu terus terbang bagaikan kuda PEGASUS. Salah satu jajaran produk dari perusahaan ASUS yang sangat sukses di pasaran adalah motherboard. Jumlah motherboard yang pernah dijual oleh ASUS sangatlah besar. Meskipun tidak a

REVIEW ZENFONE 5 Batch 2

Semenjak pertama launching Asus Zenfone, langsung saya tertarik padanya. Sayapun langsung menjual Polymer-li kesayangan dan berharap langsung mendapat sang pujaan hati. Dua bulan berlalu dan belum dapat kepatian kapan sang HP akan datang. Karena peminat yang banyak dan barang yang langka, diapun berubah menjadi HP ghaib. Hingga akhirnya sempat saya selingkuh dengan neng putri (Himax Pure III), seminggu kemudian ternyata tanda - tanda sang HP Ghaib pun muncul saat HUT Jakarta di kemayoran. Langsung saya menuju kesana dan tepat ternyata yang didamba - damba akhirnya muncul dan mereka hidup bahagia selamanya. hehehe... daripada makin ngawur sekarang langsung aja REVIEW ASUS ZENFONE 5 Batch 2 : Spesifikasi : Processor : Intel Z2560 1,6 GHZ RAM : 2 GB Ukuran : 5 Inch Warna : Gold Batre : 2110 Mah Info lengkap : http://www.asus.com/id/Phones/ASUS_ZenFone_5/specifications/