Langsung ke konten utama

Konsep Teknologi Konfergensi, Jejaring Sosial, Podcasting, RSS dan IPTV



DEFINISI KONVERGENSI
Hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dan teknologi komunikasi massa tradisional. Di ranah praktis, konvergensi media bukan saja memperkaya informasi yang disajikan, melainkan juga memberi pilihan kepada khalayak untuk memilih informasi yang sesuai dengan selera mereka. konvergensi media memberikan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik yang bersifat visual, audio, data dan sebagainya (Preston: 2001).
Pada aras teoritik, dengan munculnya media konvergen maka sejumlah pengertian mendasar tentang komunikasi massa tradisional terasa perlu diperdebatkan kembali. Konvergensi menimbulkan perubahan signifikan dalam ciri-ciri komunikasi massa tradisional atau konvensional. Media konvergen memadukan ciri-ciri komunikasi massa dan komunikasi antar pribadi dalam satu media sekaligus

KONVERGENSI MEDIA
            Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan.Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Konvergensi pada umumnya berarti persimpangan media lama dan baru. Henry Jenkins menyatakan bahwa konvergensi adalah, “ Aliran konten di platform beberapa media, kerja sama antara industri beberapa media, dan perilaku migrasi khalayak media.”
Konvergensi media tidak hanya pergeseran teknologi atau proses teknologi, namun juga termasuk pergeseran dalam paradigma industri, budaya, dan sosial yang mendorong konsumen untuk mencari informasi baru. Konvergensi media terjadi dengan melihat bagaimana individu berinteraksi dengan orang lain pada tingkat sosial dan menggunakan berbagai platform media untuk menciptakan pengalaman baru, bentuk-bentuk baru media dan konten yang menghubungkan kita secara sosial, dan tidak hanya kepada konsumen lain, tetapi untuk para produsen perusahaan media.
Gerakan konvergensi media tumbuh secara khusus dari munculnya Internet dan digitalisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan 3C yaitu computing (memasukkan data melalui komputer), communication (komunikasi), dan content (materi isi/ konten). Teori konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins pada tahun 2006, menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang terjadi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat.
Berikut Contoh Teknologi Konvergensi :

1.      Broadband
Definisi umum broadband adalah proses pengiriman dan penerimaan data melalui sistem jaringan telekomunikasi dengan kecepatan tinggi. Umumnya kecepatan mulai dari 256 kbps sampai dengan 100 Mbps yang terhubung dengan perangkat pengguna/pelanggan disebut broadband.
Definisi broadband tidak ada yang spesifik, namun yang sama adalah dalam penggunaan kata “kecepatan tinggi” (high speed). Menurut ITU-T, kecepatan tinggi broadband melampai kecepatan ISDN-PRA (> 2 Mbps), sementara di negara India kecepatan tinggi broadband adalah 128 Kbps.
Sesuai dengan perkembangan teknologi multimedia maka kebutuhan bandwidth untuk satu pelanggan saat ini diperkirakan sekitar 14 Mbps dengan alokasi internet 2 Mbps, data 4 Mbps, HDTV 8 Mbps. Saat ini, di Indonesia, broadband provider hanya menyediakan infrastruktur (broadband access) dengan kecepatan 64/384 Kbps s/d 128/512 Kbps. Kecepatan pengiriman data dari pelanggan ke server (upload) selalui lebih kecil dari penerimaan data dari server (download). Contoh 64/384 Kbps artinya upload speed 64 Kbps dan download speed 384 Kbps.

2.      Baseband
Baseband adalah sebuah metode penggunaan media komunikasi dimana frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet. Lawan baseband adalah Broadband.

3.      Narrowband
Narrowband merupakan pita dengan saluran sempit. Dengan kemampuan kecil. Defenisi dari narrowband adalah  saluran nirkabel, narrowband menunjukkan bahwa saluran yang digunakan cukup sempit dan respon frekuensi dapat dianggap datar.
Narrowband juga dapat digunakan dengan audio spektrum untuk menggambarkan suara yang menempati rentang frekuensi yang cukup sempit.Dalam telepon , narrowband biasanya dianggap untuk menutup frekuensi 300-3400 Hz.
Biasanya Narrowband mengacu pada situasi di komunikasi radio dimana bandwidth pesan tidak signifikan melebihi saluran coherence bandwidth. Ini adalah kesalahpahaman umum jika narrowband mengacu ke saluran yang menempati hanya “kecil” jumlah ruang pada spektrum radio.

4.      Bandwidth
Bandwidth adalah besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal data center mereka maupun ke eksternal yaitu internet publik.

5.      VPN
VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.
Menurut IETF, Internet Engineering Task Force, VPN is an emulation of [a] private Wide Area Network(WAN) using shared or public IP facilities, such as the Internet or rivate IP backbones.VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet. Hubungan ini dibangun melalui suatu tunnel (terowongan) virtual antara 2 node.
VPN adalah sebuah koneksi Virtual yang bersifat privat mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut privat karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya privat yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan publik atau internet namun sifatnya privat, karena bersifat privat maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Oleh karena itu diperlukan keamanan data. Konsep kerja VPN pada dasarnya VPN Membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC.

Konsep Jejaring Sosial
            Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Beberapa contoh situs web jejaring sosial:
·         Facebook
·         Twitter
·         Youfriends
·         Friendster
·         Ketiker
·         Hi5
·         MySpace

PODCASTING
Podcast awalnya adalah dari pengembangan teknologi Pod (iPod) + Broadcast. Suara adalah satu media yang sangat potensial dalam menyampaikan informasi. Radio termasuk salah satu media untuk kepentingan itu. Secara konvensional bila kita memiliki radio, maka setiap kita saat kita bisa mendengarkan setiap informasi yang disampaikan oleh penyiarnya. Ketika konsep radio ini dibawa kedalam dunia digital, ternyata ada kendala dalam hal mendapatkan materi-materi yang disiarkan.Tentunya ada kendala teknis yang berhubungan dengan sinyal internet dan bandwidth yang menyebabkan radio digital agak sulit dinikmati.
Untuk mengatasi itu, maka konsep Podcast dikembangkan. Berbeda dengan radio biasa dimana kita mendengarkan materi siaran secara bersamaan dengan penyiarnya menyampaikan /membawakan acara, maka dalam Podcast, kita dapat mengambil file podcast kapan saja kemudian mendengarkannya kapan saja  dan dimana saja. Podcast adalah sebuah Radio dengan konsep anytime anywhere.
Definisi Podcast itu sendiri adalah sebuah file suara/audio yang bisa didownload dari internet untuk didengarkan sebagaimana layaknya sebuah acara radio. Hanya saja ada satu unsur yang membedakan podcast dari sekedar proses mengupload sebuah file audio (biasanya format MP3) ke internet untuk kemudian bisa didownload oleh siapapun, yakni teknologi sindikasi yang dikenal dengan RSS (Really Simple Syndication). Dengan meng-copy paste kode RSS ke RSS Reader seperti iTunes, iPodder atau bahkan yang online seperti Google Reader, maka kita bisa berlangganan file audio tersebut. Tiap ada episode baru, maka otomatis RSS Reader akan memberitahu bahkan otomatis mendownloadnya untuk kita. Dengan demikian Podcast dalam pengertian yang lain sebenarnya adalah sebuah blog bersuara (atau audio blog). Sebenarnya Podcast tidak hanya terbatas pada suara saja, video juga bisa, namun yang lebih popular adalah untuk suara.
Selanjutnya yang dimaksud dengan podcasting merupakan suatu pendistribusian program audio dan video lewat internet yang memberikan keleluasaan kepada subcriber yang tercatat untuk memilih file yang dikehendaki (yang selanjutnya dikenal sebagai feed), yang didistribusikan secara broadcast sebagai program on demand.
Karena Podcast adalah blog suara, maka secara sederhana kita bisa mendengarkan postingan terbaru materi podcast dengan menggunakan aplikasi pemutar MP3.  Perbedaan utamanya dengan file MP3 lainnya adalah file-file Podcast didapat dengan mekanisme RSS/XML sehingga kita tidak perlu selalu berkunjung ke situs ini, cukup berlangganan dan anda akan mendapatkan rekaman terbaru setiap kali rekaman terbaru tersebut online.

RSS
RSS adalah sebuah file berformat XML yang digunakan untuk sebuah situs web atau blog (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/RSS). Singkatan dari RSS ini mengacu kepada beberapa protokol, diantaranya :
·         Really Simple Syndication (RSS 2.0)
·         RDF Site Summary (RSS 0.9 dan 1.0)
·         Rich Text Summary (RSS 0.91)
Pengertian sederhana dan kegunaannya adalah teknologi yang memudahkan kita untuk mendapat informasi terbaru dari web atau blog tersebut, tanpa kita harus membuka website tersebut. Cukup dengan berlangganan RSS ini, maka anda informasi terbaru langsung bisa anda dapatkan.
Kemudian, apa itu Feed? Feed adalah pengumpul untuk mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Feed ini bisa berupa program komputer atau layanan yang berbasis online.
Untuk dapat menggunakan RSS ini tidak sulit. Karena anda tinggal klik RSS button yang berwarna orange. Setelah itu anda akan diberikan pilihan untuk memilih RSS Reader yang dapat memudahkan anda seperti Google atau My Yahoo!. Untuk berikutnya anda tinggal klik "Subscribe". Atau juga bisa berlangganan lewat email. Ini disediakan oleh beberapa situs web yang memberikan layanan agar informasi terbaru langsung masuk ke dalam email pribadi anda. Caranya pun tidak jauh beda. Disini anda hanya tinggal memasukkan email anda dengan benar dan klik Subscribe.
RSS Feed ini tidak hanya bisa di baca dari komputer saja. Tetapi bisa juga dari PDA, Hanphone, Smartphone, dll selama perangkat tersebut terdapat fasilitas aplikasi feed reader dan terkoneksi dengan internet.

IPTV
IPTV merupakan penyediaan layanan streaming TV secara langsung via jaringan IP ber-bandwidth lebar. Layanan ini bersifat multicast, yakni dari satu sumber untuk banyak pengakses secara bersamaan.
Sistem layanan IPTV terdiri dari 5 kelompok fungsi, yaitu :
·         Content Operation
·         Service Operation & Management
·         Media Distribution & Delivery
·         Customer
·         System Management & Security

IPTV dapat menyediakan beberapa layanan Audio/ Video seperti BTV, VoD, TSTV, PVR dan lain-lain. Kondisi mendasar penerapan secara efektif layanan-
layanan tersebut adalah jaminan mengenai QoE. Dan QoE untuk subscriber tidak dapat diraih dengan lemahnya keamanan sistem IPTV. Diantara layanan-layanan streamed audio/video, bisa terjadi beberapa masalah yang cukup serius yang memberikan dampak negatif pada penerapan layanan. Konten bisa saja ilegal, sehingga subscribers tidak dapat menikmati layanan berkualitas tinggi karena jaringan “menderita” akibat aktivitas serangan.

SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Konvergensi_media
http://ilmubroadband.wordpress.com/2008/04/22/definisi-broadband/
http://mauhibi.blogspot.com/2010/12/pengertian-bandwith-baseband-broadband.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Virtual_private_network
http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
http://prayudi.staff.uii.ac.id/2008/12/17/podcasting/
http://prowebpro.com/articles/pengertian_rss_feed_dan_kegunaan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Menghitung Nilai Mahasiswa (Delphi)

LISTING PROGRAM Kode tambahan (untuk membuat inputan hanya berupa angka) procedure TForm1.Edit3KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char); begin if not (key in [ '0','1','2','3','4','5','6','7','8','9',#8 ]) then    key := #0 ; end;

Analisis Perusahaan IT (ASUS)

Perusahaan ASUS merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya. Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu motherboard, kartu grafis, laptop, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini perusahaan bernama lengkap Asustek Computer Inc. ini juga mulai giat untuk bermain di perangkat bergerak. Kehadiran Asus Fonepad dan Tablet PC buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di ranah bisnis mobile. Pemilihan nama ASUS sendiri cukup unik. ASUS sebenarnya merupakan penggalan kata dari kata PEGASUS. PEGASUS merupakan hewan berbentuk kuda dalam mitologi Yunani yang memiliki sayap di punggungnya. Pemilihan nama ini tentunya agar ASUS mampu terus terbang bagaikan kuda PEGASUS. Salah satu jajaran produk dari perusahaan ASUS yang sangat sukses di pasaran adalah motherboard. Jumlah motherboard yang pernah dijual oleh ASUS sangatlah besar. Meskipun tidak a

REVIEW ZENFONE 5 Batch 2

Semenjak pertama launching Asus Zenfone, langsung saya tertarik padanya. Sayapun langsung menjual Polymer-li kesayangan dan berharap langsung mendapat sang pujaan hati. Dua bulan berlalu dan belum dapat kepatian kapan sang HP akan datang. Karena peminat yang banyak dan barang yang langka, diapun berubah menjadi HP ghaib. Hingga akhirnya sempat saya selingkuh dengan neng putri (Himax Pure III), seminggu kemudian ternyata tanda - tanda sang HP Ghaib pun muncul saat HUT Jakarta di kemayoran. Langsung saya menuju kesana dan tepat ternyata yang didamba - damba akhirnya muncul dan mereka hidup bahagia selamanya. hehehe... daripada makin ngawur sekarang langsung aja REVIEW ASUS ZENFONE 5 Batch 2 : Spesifikasi : Processor : Intel Z2560 1,6 GHZ RAM : 2 GB Ukuran : 5 Inch Warna : Gold Batre : 2110 Mah Info lengkap : http://www.asus.com/id/Phones/ASUS_ZenFone_5/specifications/